Hari Pelanggan Nasional, Plt. Sekdaprov Tinjau Pelayanan RS Siloam Palangka

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung, meninjau langsung pelayanan di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya, Kamis (4/9/2025).-ist-
PALANGKA RAYA, DISWAY.ID – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional 2025, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung, meninjau langsung pelayanan di Rumah Sakit Siloam PALANGKA RAYA, Kamis (4/9/2025).
Dalam kunjungan tersebut, Leo memberikan apresiasi atas kualitas pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit. Ia menilai standar layanan yang ada sudah sangat baik dan perlu terus dipertahankan.
“Pelayanan di rumah sakit ini sudah sangat baik. Kita berharap ini selalu dipertahankan dan ditingkatkan lagi, terutama yang lebih mengedepankan kepuasan pelanggan, lebih humanis, lebih berintegritas, dan betul-betul tercipta agar pasien bisa merasakan pelayanan yang maksimal,” ujar Leo.
BACA JUGA:Kanwil Kemenkum Hadirkan Inovasi Layanan SIM-B, Permudah Pendaftaran Badan Hukum
Standar Pelayanan Harus Sama
Leo menegaskan, standar pelayanan kesehatan seharusnya tidak berbeda antara rumah sakit swasta maupun negeri. Perbedaan kecil memang bisa ada, namun yang paling penting menurutnya adalah kemauan, etika, dan integritas tenaga medis dalam memberikan layanan kepada pasien.
“Kalau kita lihat, mungkin ada sedikit perbedaan. Tapi pada dasarnya standar pelayanan itu sama saja. Tinggal bagaimana tenaga medis dan perawat melayani dengan integritas,” jelasnya.
Dorong Persaingan Sehat Rumah Sakit
Plt. Sekda juga berharap rumah sakit lain di Kalimantan Tengah, termasuk RS Muhammadiyah, terus meningkatkan kualitas layanan.
BACA JUGA:Pasca Unjuk Rasa, Wakil Wali Kota Achmad Zaini Pastikan Palangka Raya Kondusif
Menurutnya, persaingan sehat antar fasilitas kesehatan justru berdampak positif bagi mutu pelayanan yang diterima masyarakat.
“Pasien yang datang harus merasa tenang dan yakin akan cepat sembuh, bukan malah khawatir kondisinya makin parah. Efek psikologis dari pelayanan ini yang harus kita perhatikan bersama,” tegasnya.
Pentingnya Lingkungan Nyaman untuk Pasien
Selain aspek layanan medis, Leo juga menekankan pentingnya suasana lingkungan rumah sakit. Kebersihan, kenyamanan, bahkan aroma ruangan menurutnya memberi pengaruh positif terhadap psikologis pasien.
Sumber: